About Finishers Students Conference

Pergerakan pelayanan misi mahasiswa sudah sejak lama terjadi di seluruh dunia dan terus berkembang. Demikian juga dengan pergerakan pelayanan misi mahasiswa di seluruh Indonesia. Di Jawa Timur pun kegerakan mahasiswa untuk menggenapi visi Amanat Agung dan menggerakkan para mahasiswa untuk bermisi terus berjalan dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah tercetusnya gagasan mobilisasi mahasiswa dalam jangkauan yang luas pada tahun 2012. Sehingga terlaksanalah Konferensi Mahasiswa Indonesia Menuai (MIM) Jatim dengan tema “Finisher Generation”, yang terlaksana pada tanggal 20-22 September 2013, dan diikuti 162 orang, dan sekitar 40 peserta terus mengikuti follow up selama 3 bulan.

Kegerakan tidak berhenti sampai di situ saja. Lembaga-lembaga pelayanan mahasiswa dan kampus menindaklanjuti kerjasama dengan membentuk “Finisher Generation Partnership” yang merupakan cikal bakal kegiatan “Finisher Generation Student Conference”, yang telah diselenggarakan pada tanggal 6-8 Maret 2015. Dihadiri sekitar 139 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur, Finisher Generation Student Conference 2015 mampu memberikan dampak positif bagi bangkitnya anak-anak muda yang memiliki kelimuan dan siap terjun untuk melayani Tuhan di suku-suku terabaikan.

Tahun 2017, Finishers Students Conference digelar pada tanggal 26 – 29 Juli 2017,  dihadiri sekitar 300 kaum muda yang terdiri dari para mahasiswa dari berbagai pelayanan kampus maupun lembaga misi, dan juga pelayanan kaum muda Gereja yang memiliki visi dan misi untuk menjangkau suku-suku terabaikan di Indonesia, dan bahkan di luar negeri. Dari kegiatan tersebut, ada sekitar 125 orang anak muda yang siap untuk melayani di ladang misi dan memenuhi tugas panggilan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus bagi suku-suku bangsa. Hingga saat ini, kegiatan follow up dari para peserta Finishers Students Conference masih berlangsung dan akan terus berlanjut di beberapa kota di Indonesia.

Setelah Finishers Students Conference berakhir, semangat yang telah berkobar ditangkap oleh beberapa dokter gigi dan mahasiswa kedokteran gigi dari berbagai kota di Indonesia. Mereka bergerak cepat, dan segera menggagas acara Finisher Dentists Gathering, yang digelar pada tanggal 21-23 September 2017. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 230 mahasiswa kedokteran gigi maupun para dokter gigi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dari kegiatan tersebut, ada sekitar 101 orang mahasiswa kedokteran gigi yang siap untuk melayani di ladang misi dan memenuhi tugas panggilan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus bagi suku-suku bangsa. Demikian pula dengan para mahasiswa kedokteran umum. Mereka pun mendeklarasikan kegiatan Finisher Medical Doctors Gathering, yang telah digelar pada tanggal 30 Mei hingga 2 Juni 2018. Sebanyak 395 peserta yang hadir, baik dari dalam maupun luar negeri. Sungguh suatu sukacita yang besar melihat 160 peserta yang mau berkomitmen untuk diutus dan melayani di suku-suku yang masih terabaikan. Sungguh Tuhan bekerja secara ajaib di antara para dokter umum, mahasiswa kedokteran, perawat dan tenaga medis yang hadir di acara tersebut.

Kegerakan belum berhenti. Anak-anak muda akan terus bergerak untuk mendeklarasikan kemuliaan Tuhan bagi suku-suku bangsa. Semangat terus berlanjut. Follow up terus berlangsung di berbagai kota. Dan pada tahun 2019, Finishers Students Conference akan kembali digelar, dengan harapan dihadiri lebih banyak lagi anak muda yang siap diutus untuk menjadi berkat bagi banyak suku bangsa.  Pekerjaan Tuhan terus bergerak, dan ini saatnya kita pun tidak tinggal diam. Ladang sudah menguning, siap untuk dituai…